7 Tips Menggunakan Kartu Kredit Agar Tak Terlilit

Ilustrasi by Google
Penggunaan kartu kredit dewasa ini semakin gencar. Bahkan kartu kredit sudah menjadi salah satu gaya hidup modern. Namun, dibalik segala kelebihannya, masih banyak yang menggangap menggunakan kartu kredit itu susah. Apalagi ada ancaman suku bungan hingga 30%. Tentu saja, suku bunga itu terasa cukup tinggi.

Namun, jika Anda mampu menggunakan kartu kredit dengan bijak, maka kartu kredit akan membawa banyak kemudahan.

Berikut, beberapa tips yang harus Anda perhatikan jika menggunakan kartu kredit. Hal ini penting agar nantinya Anda tidak terlilit oleh tagihan yang menumpuk. Dimana, semakin menumpuk tagihan, akan semakin susah pembayarannya.



1. Bayar Penuh Tangihan Anda
Tips paling utama yang harus Anda perhatikan adalah, membayar penuh tagihan atau full payment sebelum jatuh tempo. Hal ini dilakukan agar tidak dikenakan bunga. Kenapa seperti itu? Karena, bunga kartu kredit per tahun akumulatif mencapai 30%-an.

Bunga kartu kredit yang tinggi memang sangat jauh berbeda dengan bunga kredit rumah yang hanya sekitar 12-15% pertahun atau cicilan loan yang hanya kisaran 20-40%.

Agar tips ini berjalan maksimal, usahakan setiap kali Anda menggunakan kartu kredit untuk transaksi, pastikan ada uang tunai sejumlah transaksi tersebut tersedia atau disisihkan tiap bulannya untuk melunasi tagihan secara full payment. Kalau tidak, malah akan menumpuk.

2. Perhatikan Credit Limit Kartu Kredit Anda
Selalu ingat pagu kredit atau credit limit kartu Anda. Jangan pernah menggunakan kartu kredit melampaui batas kredit pemakaian, karena biasanya ada biaya overlimit. Untuk besarannya, setiap penyedia akan berbeda-beda.

Bila Anda ditawarkan untuk penambahan limit, jangan langsung diterima. Usahakan menghitung kembali penghasilan Anda. Jangan sampai Anda malah belanja lebih banyak hanya karena masih banyak limit-nya, yang pada akhirnya tagihan semakin besar.

Biasakan untuk memiliki limit kartu yang memadai atau sekecil yang Anda butuhkan karena secara psikologis dapat menghambat Anda menjadi konsumtif.

3. Upgrade Kartu Kredit Anda
Upgrade kartu kredit, biasanya akan ditawarkan dari penerbit, sebisa mungkin minta iuran tahunan yang gratis atau paling tidak ditukarkan dengan reward points (karena kartu upgrade akan lebih mahal di iuran tahunannya).

Tanyakan fasilitas tambahan dari kartu tersebut, bila Anda tidak perlu, tolak saja. Untuk limitnya, bila Anda tidak perlu tambahan, minta limit yang sama dengan kartu sebelumnya atau limit yang paling kecil atau seminimal mungkin saja.

4. Cukup Gunakan 1 Atau 2 Kartu Kredit
Memiliki banyak kartu kredit dari banyak bank memang suatu kebanggan. Namun, sangat disarankan cukup menggunakan 1 atau 2 kartu kredit saja. Karena semakin banyak kartu kredit, maka akan semakin banyak godaan berbelanja, dan tentu akan semakin banyak pengeluaran.

Usahakan, saat pembayaran iuran tahunan akan dikenakan setiap periode perpanjangan, tutup saja kartu yang tidak atau jarang terpakai. Itu akan jauh lebih menghemat.

5. Kontrol Kartu Kredit Suplemen Anda
Jika Anda menggunakan kartu kredit suplemen untuk istri atau suami atau anak-anak Anda, usahakan selalu mengontrolnya. Biasanya, kartu kredit suplemen akan jauh lebih besar pengeluarannya ketimbang pemegang aslinya.

Ingat bahwa pemakaian kartu suplemen menjadi tanggung jawab finansial Anda juga, jadi selalu share ke pemegang kartu suplemen untuk bijak menggunakannya; ingatkan, bahwa kartu kredit hanya akan menunda sesaat pengeluaran uang tunai

6. Pakai Kartu Kredit Untuk Hal Penting Saja 
Pakailah kartu kredit Anda untuk hal yang paling bermanfaat saja. Misal, membayar travel. Usahakan bertanya dalam diri, apakah ada kartu yang dapat memberikan ekstra benefit yang berhubungan dengan travel? Jangan malah menggunakan kartu yang tidak ada benefitnya sama sekali.

Begitu juga untuk belanja misal di super atau hipermarket tertentu, mungkin Anda dapat memilih kartu kredit yang dapat memberikan potongan harga secara kontinue di hipermarket tersebut dan bahkan menihilkan pos ongkos tertentu.

7. Pakai Mencicil Untuk Bunga 0%
Biasanya ada banyak promo penggunaan kartu kredit untuk produk-produk tertentu. Carilah produk yang sesuai dengan kartu kredit Anda dengan penawaran bunga cicilan 0%. Namun, agar tips ini berjalan maksimal, Anda harus membayar penuh untuk tagihan lain + cicilan tersebut setiap bulannya.

Sekarang sudah banyak penerbit kartu kredit yang mengkombinasikan cicilan dengan fitur penyertaan reward untuk menurunkan harga pembelian cicilan. Ini dapat pula dipertimbangkan. Karena reward atau poin bonus  dapat pula ditukarkan dengan merchandise lain.

Dengan begitu, saldo kartu kredit Anda biasanya bertambah sehingga mengurangi tagihan akhir bulan.

***

Itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan dalam memakai kartu kredit dengan bijak. Pada dasarnya, kartu kredit akan membawa kemudahan bagi pemegangnya, hanya saja kadang sang pemegang tidak terkontrol saat memakai yang mengakibatkan tagihan menumpuk.

Popular posts from this blog

Tips Jadi Orang Kaya Secara Realistis Dalam Setahun

7 Mitos Tentang Kartu Kredit Yang Wajib Diketahui